Kamis, 25 Februari 2016

Kiat Tampil Stylish Tanpa Menguras Isi Dompet ala Fashion Blogger Sonia Eryka


Kiat Tampil Stylish Tanpa Menguras Isi Dompet ala Fashion Blogger Sonia Eryka 

Fashion blogger Sonia Eryka menjadi salah seorang bintang tamu di peluncuran kampanye #SayangUangnya oleh Permata Bank, Rabu (3/2/2016) siang. Ia tampil stylish dan edgy ala rock chic dalam balutan sheer velvet blouse hijau lumut dan rok kulit lipit hitam bersiluet A yang dipadu dengan ankle boots berwarna senada.

Mengira seluruh busana itu ia beli di sebuah butik kondang dalam harga yang mahal? Anda salah besar. Berdasarkan pengakuan wanita 22 tahun itu, blouse yang ia pakai di acara tersebut merupakan hasil perburuannya di sebuah toko yang khusus menjual pakaian bekas di kawasan Pasar Baroe, Jakarta.

"Harganya Rp 20.000 saja," ungkap Sonia yang juga mengaku gemar berbelanja pakaian bekas sejak SMP.

Penampilan Sonia ini seolah membuktikan bahwa untuk tampil modis tidak melulu harus dengan mengenakan pakaian mahal keluaran desainer ternama. Tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam pun, Anda ternyata juga bisa terlihat stylish.

Diakui Sonia, mengenakan busana bekas adalah salah satu caranya hidup hemat tanpa harus mengorbankan gaya. Di acara yang turut dihadiri Pevita Pearce dan Hamish Daud itu, Sonia yang mulai nge-blog tentang fashion sejak empat tahun lalu, sempat berbagi kiat lainnya tampil modis dengan bujet yang ramah dengan isi dompet.

1. Padu-Padan Cermat
Menurut Sonia, mau beli busana semurah atau semahal berapa pun, penampilan akan terlihat biasa-biasa saja jika kita tidak pandai memadupadankannya. "Kuncinya adalah pintar mix and match," ungkap wanita yang saat ini tengah sibuk merampungkan buku fashion karyanya.

2. Paham Karakter
Salah satu cara untuk menghemat adalah menahan godaan berbelanja. Jika memang terpaksa, saran Sonia, belilah barang yang sesuai dengan karakter pribadi sehingga bisa dipakai berulang kali. "Oleh karena itu, penting untuk memahami signature style pribadi kita," katanya.

3. Buat Pakaian Sendiri
Ia mengaku, bukan pakaian yang memenuhi lemarinya melainkan bahan pakaian. Wanita yang beberapa waktu lalu meluncurkan lini pakaian rancangannya, lebih senang membuat pakaian ketimbang membelinya. "Bujetnya lebih murah," ungkap Sonia yang belajar menjahit dari ibunya.

4. Simpan Pakaian Musiman
Tren berputar seperti roda. Maka itu, Sonia mempertahankan sejumlah busana yang menurutnya akan menjadi tren di masa mendatang sehingga tidak perlu membelinya lagi. "Aku menyimpan boyfriend jeans dan wide leg pants," ujarnya.

5. Berburu Diskon dan Catat Daftar Belanja
Wanita mana yang tidak tergiur oleh diskon. Sonia pun termasuk. Tidak ada salahnya berburu barang berharga miring asal jangan sampai membuat konsumtif. Solusi Sonia adalah mencatat daftar pakaian atau aksesori yang mau kita beli.

"Sebelum belanja, catat dulu. Dengan begitu, kita bisa mensortir lagi barang apa yang benar-benar kita perlukan dan tidak mudah tergoda membeli barang lain," katanya.